Senin, 29 Februari 2016

cara memperbaiki vcd dan dvd

CARA MEMPERBAIKI SENDIRI KERUSAKAN VCD DAN DVD .

Banyak sekali variasi kerusakan pada sebuah player. Cara memperbaiki sendiri kerusakan VCD Dan DVD perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak malah merusak bagian lain. Sebelum memulai memperbaiki VCD maupun DVD, terlebih dahulu harus mengetahui fungsi dan jenis kerusakan dan korelasinya dengan bagian komponen tersebut.
Fungsi komponen VCD dan DVD telah pernah kita bahas pada artikel sebelumnya. Sangat dianjurkan membaca terlebih dahulu fungsi utama bagian tersebut sebelum lebih lanjut melakukan analisa terhadap kerusakan yang menimbulkan masalah pada player.
rps20150926_115720 - Cara Memperbaiki Sendiri Kerusakan VCD Dan DVD
Cara Memperbaiki Sendiri Kerusakan VCD Dan DVD
rps20150926_115720 - Cara Memperbaiki Sendiri Kerusakan VCD Dan DVD

JENIS KERUSAKAN PADA VCD DAN DVD

Jenis kerusakan yang paling sering ditemukan pada sebuah player VCD maupun DVD adalah hal-hal tersebut :
  • Tidak ada gambar
  • Tidak ada suara
  • Tidak ada gambar dan suara
  • Mati Total
  • Gambar putus-putus atau macet-macet
  • Warna Tidak Normal
  • Tidak Mau Membaca DVD tetapi dapat membaca VCD
  • Tidak bisa membaca DVD yang sudah usang.

CARA MENGANALISA DAN MEMERIKSA KERUSAKAN VCD DAN DVD

Kerusakan yang terjadi pada VCD maupun DVD sering kali menimbulkan keraguan karena setiap bagian dapat mempengaruhi kerja pada komponen tersebut. Kerusakan pada power supply dapat menyebabkan optik maupun motor optik tidak bekerja sebagai mana mestinya.
Untuk menganalisa beberapa kerusakan, di bawah ini akan diberikan beberapa contoh kasus kerusakan yang paling sering ditemukan pada peralatan VCD maupun DVD yakni pada regulator atau power supply VCD.
Kasus 1.
Sebuah VCD player tidak menghasilkan gambar dan suara ke TV. Saat dinyalakan, panel dan digital yang menunjukan tulisan close dan open tidak ada. Hanya lampu redup saja yang menyala. Maka terdapat beberapa hal yang mungkin dalam hal ini. Jangan terburu-buru menuduh MPEG nya rusak. Bagian tersebut cukup mahal. Walaupun hanya mengganti chipnya saja, tindakan tersebut dapat beresiko pada matinya mainboard.
Hal yang perlu di cek pertama kali adalah supply 5 volt. Umumnya dapat dengan mudah diukur dengan sebuah tester. Cabutlah socket suply 5 Volt dari MPEG. Jika ternyata ukuran 5 volt normal, barulah terdapat kemungkinan MPEG tersebut rusak. Jika voltase 5 Volt ternyata drop, maka bisa dipastikan kerusakan hanya terjadi pada IC 7805 atau Elco pada IC 7805 tersebut.
Kasus 2.
Jika mekanik tidak mau terbuka, terdapat beberapa kemungkinan seperti karet mekanik VCD rusak. Cukup ganti karet tersebut untuk memperbaikinya. Jika ternyata hal ini tidak menyelesaikan masalah, periksalah supply 8V pada 7808. Apakah voltasenya normal. Jika normal, cobalah memeriksa kondisi motor open close. Jangan terburu-buru mengganti IC pada MPEG.
Dalam beberapa kasus pintu tidak terbuka normal, periksa juga switch limiter pada pintu mekanik, gearnya, maupun kemungkinan terganjal.
Cara memperbaiki sendiri kerusakan VCD Dan DVD memerlukan banyak latihan. Tidak selalu komponen yang kita duga rusak merupakan komponen yang rusak. Kadang hanya masalah kecil saja dapat menyebabkan sebuah DVD player maupun VCD player tidak berfungsi.

1 komentar: