Minggu, 28 Februari 2016

kerja bakti

Kerja Bakti 

Salah satu kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKNM-PPMD Integratif 2011 di Desa Balewangi, Kecamatan Cisurupan adalah mengikuti berbagai jenis kerja bakti yang dilakukan warga desa. Ada beberapa kerja bakti yang kami ikut salah satunya adalah kerja bakti pelebaran jalan di RW 5 Cibojong.  Kerja bakti ini dilakukan pada hari Jum’at, 1 Juli 2011 dimulai dari jam 8 sampai jam 11 dan kerja diikuti lebih kurang 50 orang warga Desa Balewanngi dan ditambah beberapa orang perangkat desa serta 8 orang mahasiswa KKNM-PPMD Integratif UNPAD 2011.
Kegiatan Kerja Bakti di Kampung Cibojong
Pelebaran jalan yang dilakukan di RW 5 Cibojong terkait dengan beberapa potensi desa yang sedang digarap secara intensif oleh aparat desa dan pemerintah daerah setempat. Potensi tersebut adalah potensi produksi  pertanian yang sangat baik di RW 5 Cibojong, potensi ini meliputi beberapa komoditas hortikultura yaitu cabe, tomat,  labu siam, selada dan kentang. Diharapkan dengan adanya pelebaran jalan ini dapat mempermudah distribusi produk pertanian yang potensial tersebut. Desa Balewangi merupakan daerah hulu sungai yang berasal dari Gunung Papandayan, karakteristik sungai disini didominasi oleh batu-batu besar sepanjang aliran sungainya dan airnya  tidak terlalu deras. Batu-batu besar yang ada sepanjang aliran sungai tersebut yang sedang digarap oleh aparat desa sebagai potensi desa selain produk pertanian. Batu-batu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar material bagunan dan jumlahnya pun sangat banyak di Desa Balewangi ini. Pelebaran jalan ini dapat mempermudah akses jalan menuju sungai- sungai di Balewangi. Pelebaran jalan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan swadaya masyarakat Desa Balewangi. Sejauh ini kegiatan swadaya masyarakat di Desa Balewangi masih sangat  aktif dan terkoordinasi dengan baik.

Kerja bakti di RW 5 Cibojong memberikan pengalaman yang berbeda dari kegiatan-kegiatan lain. Kegiatan ini membuat kami (mahasiswa KKNM) lebih dekat secara personal dengan masyarakat. Selain itu kami juga lebih mengetahui kehidupan social kemasyarakatan yang berkembang di Desa Balewangi melalui komunikasi yang terjalin selama kegiatan berlansung. Disini kami belajar untuk mengutamakan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi dan kami juga dituntut untuk bekerja secara kolektif dengan orang-orang yang belum kami kenal sebelumnya.http://blogs.unpad.ac.id/kknmbalewangi2011/2011/07/04/kerja-bakti-ke-cibojong/

0 komentar:

Posting Komentar